Cara Merawat Printer

Posted on | Jumat, 07 Januari 2011 | No Comments

Keberadaan printer seolah sudah menjadi satu paket dengan komputer. Namun sayangnya, seringkali para pengguna komputer kerap mengabaikan perawatan printer. Padahal, jika printer ngadat/rusak akan membuat pekerjaan terhambat dan tidak optimal. Bahkan seringkali membuat kita jengkel terhadapnya.
Berikut beberapa tips yang kiranya dapat menjadi panduan kita dalam merawat printer ;

1. Gunakanlah printer secara periodik. Hal ini dimaksudkan agar printer dapat menghasilkan kualitas cetakan yang optimal. Dengan pemakaian yang sering, aliran tinta akan lancar dan hasil cetakan akan bagus. Berbeda dengan printer yang jarang atau bahkan sudah lama tidak digunakan untuk mencetak hasil print outnya.

2. Matikan printer saat tidak digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer. Dan menghindari kerusakan sistem mekanis yang diakibatkan listrik yang tidak stabil. Ingat, andaikata printer anda dalam keadaan menyala, bila terjadi mati lampu akan mengakibatkan pergerakan motorik sistem mekanis printer yang mendadak. Dan mengakibatkan menurunnya kualitas komponen listriknya.

3. Bersihkan kotoran yang ada dalam printer secara teratur. Setiap 1 atau 2 minggu, bersihkan bagian dalam printer. Terutama bagian yang menampung kotoran tinta saat printer digunakan. Hal ini akan menjaga kualitas printer selalu dalam kondisi yang bagus. Jangan lupa, tempatkan printer pada tempat yang bersih dan cukup udara/tidak lembab.

4. Jagalah dan kontrol kondisi cartridge printer. Guna mencapai kualitas cetakan yang bagus dan stabil, pastikan perlakuan terhadap cartridge secara hati-hati, terutama saat mengganti/mengisi kembali tinta. Karena pada cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus dan berupa sirkuit yang sensitif.

5. Gunakan sistem perawatan software secara berkala. Umumnya, seluruh printer mempunyai software khusus yang menjadi satu paket dalam instalasi drivernya. Untuk itu software diagnostic toolpada software tersebut perlu dijalankan secara berkala. Karena, untuk setiap masalah yang berkaitan dengan printer tersebut, sudah terdapat informasi yang lengkap dalam tool tersebut. Sehingga anda bisa mengatasi setiap permasalahan yang timbul.

6. Bila proses mencetak gagal, matikan printer dan hidupkan kembali. Hal ini biasanya terjadi bila terdapat masalah seperti paper jam atau hal lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, batalkan seluruh aktifitas printing, matikan printernya (dengan mencabut kabel power listriknya) dan hidupkan kembali beberapa menit kemudian. Setelah itu cobalah untuk mencetak kembali.

7. Bila terdapat masalah "service in error", lakukanlah perbaikan printer anda segera. Namun perlu diingat, jangan sekali-kali anda mencoba membongkar komponen dalam pada printer bila tidak cukup mempunyai pengetahuan tentang itu. Baiknya, serahkan perbaikan dan perawatan komputer tersebut pada orang yang mengerti tentang komputer atau yang menyediakan jasa servis komputer yang resmi dan sudah teruji kemampuannya.


Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters