Manajemen Stress Ala Stephen Covey

Posted on | Jumat, 07 Januari 2011 | No Comments

Didi yakin semua orang pasti mengalami berbagai masalah, sehingga terkadang menimbulkan stress dan menjadi beban pikiran yang berlarut. Apalagi dewasa ini banyak sekali persoalan sosial yang dapat menjadi pemicunya.


Dalam mengatasi hal ini, Stephen Covey seorang motivator dan pakar manajemen menganjurkan kita untuk selalu menempatkan diri pada pekerjaan. Istilahnya menurut Didi adalah, kita yang mengendalikan pekerjaan bukan pekerjaan yang mengatur kita. Sehingga kita dapat melaksanakan pekerjaan itu dengan lebih baik.

Salah satu point yang sangat penting adalah bagaimana kita menempatkan beban kerja atau fokus pikiran yang kita hadapi. Seperti cerita dibawah ini :

Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stress, Stephen Covey mengangkat segelas air dan bertanya kepada para siswanya:

"Menurut anda, kira-kira seberapa beratnya segelas air ini?"

Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr. Akhirnya Covey pun menjelaskan hal itu :

"Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama anda memegangnya.

Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat.

Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya.

Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi".

Kita harus meninggalkan beban kita secara periodik, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi.

Jadi! sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan sore ini, tinggalkan beban pekerjaan. Jangan bawa pulang. Beban itu dapat diambil lagi besok.

Apapun beban yang ada dipundak anda hari ini, coba tinggalkan sejenak jika bisa. Setelah beristirahat nanti dapat diambil lagi.”

Dari cerita diatas, sangat ditekankan bagaimana kita mengambil sikap untuk fokus bekerja dan fokus beristirahat. Yakinlah, bila pikiran anda akan lebih sehat bila bisa mengatur waktu lebih optimal. Relaksasi pikiran adalah hal penting yang harus dilakukan dalam menghadapi beban pekerjaan dan masalah hidup.

Selain itu dengan menempatkan segala sesuatu pada tempatnya akan semakin membuat hidup terasa lebih ringan. Hidup ini singkat, jadi cobalah menikmatinya dan memanfaatkannya ...!


Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters