Memperbesar virtual memory

Posted on | Sabtu, 23 April 2011 | No Comments

Sudah tidak asing lagi di telinga kita (apalagi gamer) kalo RAM berpengaruh sekali terhadap performansi komputer, tetapi bagaimana bila RAM kita kecil atau dalam keadaan mendesak kita butuh performansi yang meningkat? Cara paling cepat adalah memperbesar virtual memory. Tidak diperlukan program khusus untuk melakukan ini. Berikut langkah-langkahnya.
1. Klik kanan my computer, lalu properties. Geser ke tab advanced lalu klik setting pada bagian performance.
Photobucket


2. Setelah keluar window baru, geser ke tab advanced lagi dan perhatikan pada bagian virtual memory.
Photobucket


3. Klik change pada virtual memory, Nah di sana akan tertampil harddisk kamu dan paging file size yang digunakan. Ganti initial size dengan besar virtual memory minimum yang kamu butuhkan dan maximum size dengan yang kamu butuhkan. Catatan : Pemasangan Virtual Memory yang besar akan memperpendek umur harddisk serta memotong free space pada harddisk.
Photobucket


4. Setelah itu, klik OK dan lalukan restart pada komputer.
Untuk sekedar informasi, kalau bisa hindari pemasangan virtual memory yang besar untuk permainan game-game berat (apalagi yang memakan texture size besar) karena ini akan membuat kerja harddisk jauh lebih berat dari pada sebelumnya dan berdampak pada kerusakan harddisk yang cepat. PENGGUNAAN CARA INI ADALAH TANGGUNG JAWAB PENGGUNA SEPENUHNYA. 
Pada kotak 'Initial size dan Maximum size isikan kapasitas yang anda inginkan. sebagai petunjut misalkan RAM anda berkapasitas 256 MB maka sebaiknya pada kotak initial size isikan sebesar 512 MB atau 2x lipat di kapasitas RAM. untuk kotak Maksimum size dapat pula di isikan 512 MB atau lebih besar lagi. setelah itu OK dan restart komputer anda.


Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters