Tips Menjaga Akun Facebook

Posted on | Kamis, 06 Januari 2011 | No Comments


Sudah sangat sering terjadi pencurian akun facebook baik sekedar iseng, mencuri chip zynga poker, mengintip aktifitas istri/pacar, hingga yang paling ekstrem dalah mengambilalih akun Facebook tersebut.

Untuk mengatasi dan meminimalkan hacking akun facebook , disini Didi sharing tips untuk menjaga akun dari hacker atau penyusup. 

1. Gunakan password yang berbeda antara email dan akun Facebook anda. Karena bila kedua hal tersebut sama passwordnya bisa berakibat fatal. Hacker dengan mudah mengambil alih kedua akun tersebut untuk disalahgunakan.
 
2. Sebaiknya, tidak menampilkan informasi email pada informasi akun. Atau gunakan setting pengaturan yang melihat informasi akun Facebook (search setting). Dengan hanya mengetahui email, seorang hacker bisa saja menjebol passwordnya dengan menggunakan berbagai program cracker / generate password. Software tersebut dapat mengenerate (acak) password dari suatu akun apapun.
 
3. Gunakan password yang tidak berhubungan langsung dengan informasi anda. Baik tanggal lahir, tempat, nama, dll. Pastikan password anda unik dan menggunakan kombinasi huruf kapital dan angkauntuk mempersulit hacker dalam mengenerate passwordnya.
 
4. Hati-hati saat anda memasuki halaman login Facebook. Pastikan ejaan alamat URL http://www.facebook.com/  tertulis dengan BENAR. Bila terdapat perbedaan huruf 1 pun pada login Facebook dapat dipastikan itu adalah alamat login palsu. Yang tentu saja dapat merekam id email dan password yang dimasukan pada kolom login. Hal tersebut dikenal dengan FAKE LOGIN. Informasi tentang hal ini dapat dengan mudah anda temukan di internet.
5. Ganti password secara berkala. Terutama saat anda bermain internet di warnet, seringkali data akun anda direkam oleh program illegal semacam keylogger dan lain lain. Segera ganti password akun facebook anda di tempat yang lebih aman guna menghindari pencurian akun Facebook.

6. Periksa PENGATURAN AKUN pada Facebook anda, pastikan tidak ada email lain yang terdapat pada kontak email anda. Ingat Fasilitas Facebook menyediakan beberapa email yang dapat dijadikan akses login pada suatu akun. Bila ditemukan, HAPUS lah dengan segera email yang tidak dikenal itu. Karena alamat email tersebut juga bisa digunakan untuk akses akun Facebook anda.

Lihat Gambar dibawah :

7. JANGAN melayani konfirmasi pada aplikasi yang tidak dikenal yang membutuhkan akses masuk langsung pada login akun Facebook anda. Apalagi ada permintaan untuk data email dan password. Hal ini sering terjadi dengan adanya email masuk pada inbox yang menyertakan link dan permintaan konfirmasi.

8. Tidak mendownload Aplikasi yang mengklaim aplikasi Facebook, contoh ZYNGA POKER. PihakZYNGA TEXAS HOLDEM POKER Facebook tidak pernah menyarankan anda melakukan hal tersebut, Karena system aplikasi mereka sudah terintegral dengan Facebook.



Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters