Tips Merawat Flashdisk

Posted on | Jumat, 07 Januari 2011 | No Comments

Flashdisk dewasa ini sudah melekat menjadi kebutuhan bagi semua pengguna komputer. Hal ini dikarenakan akan kebutuhan kita yang akan adanya wadah portable (ringkas, ringan dan mudah dibawa kemana-mana) sebagai media peyimpan data.


Flashdisk rentan sekali mengalami kerusakan, yang tentunya akan mempengaruhi seluruh data-data yang kita miliki didalamnya. Banyak faktor kerusakan pada flashdisk pada umumnya disebabkan beberapa hal seperti kelalaian kita dalam menggunakannya, virus serta hal-hal lainnya.

Guna menjaga data yang kita miliki agar tetap dalam keadaan baik dan memperpanjang usia flashdisk, akan lebih baik bila kita mencermati beberapa tips berikut ini :

1. Memberikan perlindungan pada flashdisk (terutama komponen logam kecilnya/sirkuit), dengan selalu menggunakan penutupnya/jika ada. Bila jenis yang tidak menggunakan wadah/tutup, lebih baik selalu berhati-hati dalam menyimpan, menggantung dan meletakkan flashdisk. Karena komponen sirkuit pada flashdisk (berwarna kuning logam) merupakan bahan yang sensitif. Untuk itu, upayakan sebelum membeli flashdisk carilah yang memiliki wadah yang baik dan yang telah teruji brand / merk-nya.

2. Satu dari beberapa kerusakan Flashdisk seringkali disebabkan suhu, medan magnet, air dan benturan. Jadi akan lebih baik anda menghindari tempat-tempat tersebut bila akan meletakkan flashdisk anda.

3. Pastikan flashdisk anda selalu dalam posisi yang benar saat digunakan, baik ketika memasang pada USB port ataupun ketika hendak mencabutnya.

4. Pastikan media flashdisk anda sering di scan antivirus secara berkala dengan program antivirus yang baik. Hal ini tentunya harus lebih sering dilakukan guna memastikan data yang kita miliki lebih aman, terutama setelah berhubungan dengan internet.

5. Hindarilah penyimpanan langsung pada flashdisk. Akan lebih baik bila kita menyimpan dahulu pada hardrive komputer terlebih dulu. Hal serupa sangat berpengaruh bila flashdisk anda digunakan untuk langsung menyimpan hasil download dari internet ataupun upload data langsung ke internet. Setiap proses read and write data secara langsung pada flashdisk akan mempengaruhi usia flashdisk.

6. Jangan sekali-kali memaksa menyimpan data yang berlebih pada flashdisk. Upaya ini akan memaksa daya dan kapasitas terbatas yang dimilikinya. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya anda membeli flashdisk berkapasitas besar dan selalu menyisakan ruang kosong (free space) pada flashdisk ( minimal 2 - 5 % dari kapasitasnya )

7. Setelah anda selesai menggunakan flashdisk pada komputer, pastikan media flashdisk telah melalui langkah SAFETY REMOVING oleh komputer. Hal inilah yang kerap terjadi disaat kita terburu-buru langsung mencabut dari USB port. Gunakanlah fitur pada komputer anda untuk melepaskan media removable disk dari komputer dengan aman, tentunya dengan klik safety remove hardware yang biasa terdapat pada pojok kanan bawah. Cara lain dapat dilakukan dengan EJECT / STOP pada bagian folder disk drive.

8. Bila flashdisk anda bermasalah dengan virus, corrupt data, missing data/link, dan lain-lainnya akan lebih baik gunakan software yang tepat untuk melindungi data anda (seperti antivirus yang baik, program recovery yang baik, dan sebagainya). Untuk hal ini, anda dapat menemukan banyak informasi terkait dengan browsing di internet.

9. Bila tidak memungkinkan memperbaiki flashdisk yang bermasalah, langkah terbaik adalah flashdisk anda di perbaiki oleh orang yang mengerti akan komputer. Jangan coba-coba untuk membuka flashdisk dengan paksa, karena akan berakibat lebih fatal.

Kiranya beberapa tips diatas dapat membantu kita dalam menjaga data-data yang kita miliki dalam sebuah flashdisk. Sekali lagi, lebih baik merawat dari sekarang daripada anda mengalami kehilanganDATA yang penting bagi anda.


Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters