Pusat Ukiran Kayu Jepara

Posted on | Jumat, 07 Januari 2011 | No Comments

Dilihat dari catatan sejarah, Jepara sebagai kota tua di Jawa, munculnya Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, Raden Ajeng Kartini, TIen Soeharto, ratusan eksportir, lebihdari 100 negara tujuan pemasaran, perajin terampil dan prfesional, maka cukup masuk akal jika Pemerintah Kabupaten Jepara memproklamirkan diri Jepara Pusat Ukir Dunia (Jepara the World Carving Center). Hal tersebut diungkapkan Prof SP Gustami dari Universitas Gadjah Mada pada Lokakarya “Strategi Membangun City Branding, Jepara The World Carving Center” di Kompleks Pemerintah Kabupaten Jepara, Rabu 17 Desember 2008. Selain Prof Gustami, narasumber pada acara ini adalah dosen Fakultas Ekonomi Universitas DIponegoro Harry Susanto, Asisten Direktur Suara Merdeka Adi Ekopriyono, dan Bupati Jepara Hendro Martojo, yang menempatkan diri membuka acara.

Jepara sudah identik dengan kerajinan ukir. Kerajinan ukir tersebut kini telah berkembang menjadi industri, terutama industri mebel. Industri mebel di Jepara tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, tetapi juga melayani pasar internasional. Cikal bakal industri tersebut sudah muncul sejak ratusan tahun yang lalu sehingga pemusatan industri dilakukan secara geografis dengan industri pendukung yang kita kenal sebagai klaster (cluster) Industri. kalau dilihat dari segi omset maupun jumlah tenaga kerja yang terserap di dalamnya, Jepara merupakan klaster terbesar di Indonesia.
Perkembangan kerajinan ukir di Jepara menurut kami, didukung oleh positioning, diferensiasi dan brand Jepara yang kuat.Segitiga positioning, diferensiasi dan brand merupakan inti dari strategi yang dijalankan oleh sebuah daerah.

Positioning adalah tentang bagaimana kita memposisikan produk kita di benak pelanggan. Positioning tersebut harus didukung dengan diferensiasi yang kokoh. Apabila positioning yang tepat tersebut ditopang oleh diferensiasi yang kokoh, dengan sendirinya ekuitas merek yang kokoh akan terbentuk.
Kalau Jepara dianalisis dengan menggunakan segitiga positioning, diferensiasi, brand tersebut, maka akan terlihat bagan di atas.

Menurut pengamatan kami, positioning statement yang tepat untuk Jepara adalah “the Carving Center of Indonesia” atau pusatnya kerajinan ukir di Indonesia.


Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters