Tips Meningkatkan Efektifitas Pemasaran Blog

Posted on | Jumat, 07 Januari 2011 | No Comments

Jika Anda terjun dalam dunia bisnis online melalui media blog, ada beberapa hal penting yang siginifkan dalam meningkatkan efektifitas pemasaran blog Anda. Tiga komponen penting itu adalah : isi (konten)frekuensi posting artikel dan distribusi artikel / konten.


Konten / isi - posting blog Anda harus menarik dan bermanfaat bagi pembaca Anda. Kembangkan kemampuan menulis anda untuk membuat sesuatu yang berbeda dan unik serta jangan takut untuk memposting apa yang bisa anda tulis.

Dalam hal ini sangatlah penting untuk belajar memulai, karena kemampuan menulis dalam diri anda akan berkembang seiring waktu. Untuk penulisan konten yang baik, tentunya didapat dari pembelajaran baik secara langsung (menulis artikel) dan tidak langsung (menganalisa, mempelajari berbagai tulisan dari para webmaster yang pandai membuat artikel yang menarik).

Frekuensi posting sangatlah penting karena ada korelasi langsung pada popularitas blog dan update yang rutin akan memperkaya kata kunci / keyword pada blog anda. Yakinlah search engine menyukai blog yang sering diupdate sehingga blog anda dianggap penting oleh search engine. Untuk update konten usahakan 3-5 kali per minggu minimal. Blog yang akan diperbarui beberapa kali sehari bisa disertakan dalam indeks Google News yang diperbarui setiap hari. Itu berarti mendapatkan konten Anda ke hasil pencarian Google pada hari yang sama yang diposting ke blog Anda.

Distribusi blog adalah penting. Masalah umum dari mereka yang baru mengenal blog dan RSS feed adalah seberapa banyak informasi yang tersedia tentang situs / blog anda di internet. Pemasaran sebuah blog membawa keuntungan tambahan melalui berbagai web direktori. Sebuah blog dan berhubungan RSS / Atom feed dapat dipromosikan dalam blogoshpere juga melalui web direktori, mesin pencari dan web direktori akan selalu saling berhubungan.

Kesempatan untuk menyebarkan informasi tentang blog jauh lebih besar melalui index pada banyak web direktori dan search engine daripada dari situs web itu sendiri. Memudahkan pelanggan feed berita untuk menemukan blog Anda melalui kedua situs web mesin pencari (Google, Yahoo, MSN) dan RSS search engine (Google Blog Search, Bloglines, Feedster, Technorati).

Untuk hal tersebut daftarkanlah / submit informasi blog kita dalam berbagai mesin pencari (search engine), web direktori dan daftar Blog / RSS direktori yang banyak terdapat di internet. Juga, pastikan untuk melakukan ping secara teratur dengan layanan seperti Pingomatic, Ping atau Pingoat.

Tambahan blog tips optimasi dan pemasaran meliputi:

Blog dengan kata kunci yang fokus - judul posting blog Anda harus menggunakan kata kunci yang relevan dengan posting. Selain itu, update software template blog Anda sehingga kata kunci dari judul posting berada di teks link ke arsip posting, dalam judul tag dan meta tag deskripsi.

Post pada berita terbaru - Perhatikan perkembangan blog Anda dan tetap up to date dengan tren dan peristiwa-peristiwa sehingga Anda dapat posting tentang mereka dan memberikan komentar. Sangatlah penting mengikuti berbagai peristiwa itu karena membuat artikel yang berhubungan dengan hal tersebut akan berpeluang meningkatkan traffic ke blog anda. Sebagai contoh, kata kunci mbah surip banyak digunakan blogger dalam berbagai artikel yang menarik. Hal ini akan membawa pengunjung masuk ke blog anda melalui kata kunci tersebut.

Posting pikiran Anda sendiri - Tampilkan kapabilitas anda sendiri dengan menciptakan konten asli dalam bentuk artikel pendek. Banyak penulis hebat muncul dari pengalaman, dan pasti mereka telah melalui jam menulis yang sangat panjang. Anda dapat membuat artikel ringan dengan link ke dokumen lengkap di situs web anda.

Link keluar / link out - Sangat penting anda membuat link ke situs web / blog yang relevan dengan konten blog anda. Janganlah berpikiran rugi untuk melink web situs / blog lain. Dengan adanya link out dari blog kita yang relevan akan membuat blog kita dapat menjadi lebih popular. Dalam hal ini, siapa tahu link blog kita akan mendapatkan link balik. Konten yang menarik dari blog kita tentunya akan dijadikan link balik atas link out yang kita buat.

Link in - Submit blog Anda ke semua mesin pencari dan web direktori. Jangan lupa untuk submit ke blog / RSS dengan kategori yang spesifik dan relevan pada web direktori dan mesin pencari.

Pelacakan - Gunakan sistem komentar yang memungkinkan pelacakan untuk setiap situs blog berita atau komentar Anda. Ini menciptakan sebuah link dari situs yang memiliki nilai jual ke blog Anda.

Blog Exchange - Jalinlah pertukaran link dengan berbagai web situs / blog yang relevan dengan blog anda. Hal yang patut anda simak adalah, link yang relevan dengan konten blog anda dan link yang berkualitas. Untuk hal ini anda dapat melakukan blogwalking ke berbagai blog lain.

Membuat Komentar - Monitor posting di blog dan tinggalkan pesan / komentar anda pada berbagai blog. Anda mungkin mendapat perhatian dan ditambahkan ke blogroll atau lebih baik, mengembangkan dialog dengan para blogger, yang dapat memperkaya link exchange dan link balik blog anda. Tinggalkan jejak url blog anda dengan memberi komentar yang baik. Tentunya komentar yang baik akan membuat pengunjung lain dapat tertarik mengunjungi blog anda.

Dalam blog marketing yang efektif memerlukan suatu komitmen dalam jangka panjang, ide-ide dan kolaborasi. Bekerja cerdas dan keras dengan blog bisnis anda dan anda akan melihat keuntungan dalam bentuk: hubungan pelanggan / pengunjung / traffic yang meningkat, mesin pencari visibilitas, peningkatan penjualan dan meningkatkan reputasi merek di web.


Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters