Tips Menghindari " Pencurian " Di Dunia Maya

Posted on | Jumat, 07 Januari 2011 | No Comments

Tindakan pencurian dalam dunia maya sudah sering terjadi dan bahkan sangat merugikan berbagai pihak. Tindakan kecurangan tersebut dikenal juga sebagai "Phising"yang merupakan proses kegiatan mematai-matai seperti yang dilakukan para hacker, cracker dan sebagainya. Tujuannya adalah mengambil segala informasi dan akses masuk. Bila sudah memiliki hal tersebut, maka kejadian selanjutnya sudah dapat diperkirakan. Semua data yang didapat akan disalahgunakan untuk kepentingan mereka.

Modus yang kerap terjadi adalah dengan mengarahkan calon korban menuju SERVER yang palsu.Mengapa bisa terjadi ? karena kadangkala kita sering tidak begitu memperhatikan dan merasa sudah masuk ke tempat tujuan yang kita inginkan, padahal server yang kita tuju milik para hacker dsb. Contoh ; memanipulasi URL alamat tujuan www.google.com dengan www.goog1e.com (huruf l diganti dengan angka 1).

Untuk itu guna menghindari dan meminimalkan hal tersebut, anda harus terus berhati-hati pada setiap tampilan dan tujuan anda dalam berselancar di dunia maya. Selain mengaktifkan sistem Firewall, Anti Spy dan software sejenis di komputer anda. Anda tetap harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Berhati-hatilah terhadap email yang berasal dari institusi keuangan nada, pastikan itu benar-benar email resmi dari mereka.

2. Perhatikan kesalahan bahasa dan ejaan karakter pada kalimat yang digunakan pada email atau tampilan URL tujuan anda. Jika anda mendapatkan banyak kesalahan, perlu diwaspadai apakah itu email resmi atau server tujuan yang benar.

3. Pastikan terdapat icon gembok pada bagian kanan kolom URL address anda (biasanya website resmi menampilkan hal itu sebagai tanda sekuritas web tersebut). Jika tidak anda sebaiknya anda tidak mengisikan data-data tentang "keuangan" dan "akses penting" yang anda miliki.

4. Perhatikan simbol @ pada alamat tujuan anda, pastikan itu benar! Bisa jadi alamat itu bertuliskan >>> www.klikbca.com @sejuu.com <<< . Dan hal itu berarti anda TIDAK menuju pada server resmi BCA melainkan ke server dibelakang tanda @. 5. Buatlah /pastikan verifikasi yang resmi dan rahasiabuat anda. Hal ini bisa didapat dari institusi keuangan anda atau Web Resmi mereka. Pada email di Yahoo, anda sebaiknya mengaktifkan kode "SEAL" untuk verifikasi masuk email ke server resmi Yahoo.

Demikian beberapa cara lain untuk membantu anda melakukan aktifitas ber-internet lebih aman. Semoga menambah khasanah pengetahuan kita ...

Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters