Tips Browsing Akurat Dan Efesien

Posted on | Kamis, 06 Januari 2011 | No Comments

Search engine atau mesin pencari dalam dunia internet memang sangat vital fungsinya bagi para pengguna internet. Fasilitas tersebut dimanfaatkan semua orang di seluruh dunia. Cukup dengan mengetikkan beberapa kata kunci / keyword, kita akan mendapatkan hasil data pencarian yang akan menuntun kita menuju sumber informasi yang kita butuhkan.

Namun, seringkali banyaknya jumlah hasil pencarian membuat kita cukup lama untuk menemukan apa yang kita cari. Bayangkan terdapat jutaan link hasil pencarian yang kita dapatkan untuk kata kunci yang kita ketikkan. Dan tidak serta merta apa yang kita cari berada pada halaman depan SERP (search engine results page), pada beberapa kasus kita harus meluangkan waktu untuk menelusuri hasil pencarian pada halaman berikutnya.

Walaupun serangkaian situs pencari (search engine) telah menawarkan berbagai kemudahan untuk hal tersebut , anda layak mencoba tips sederhana berikut ini untuk mempercepat anda mendapatkan informasi yang akurat melalui search engine.

Penggunaan tanda ( + ) , ( - ) dan tanda kutip ( “ ….. ” ) pada keyword / kata kunci

Masih banyak para pengguna internet yang tidak tahu dan jarang memanfaatkan pemanfaatan tanda diatas yang sebenarnya telah terintegrasi pada mesin pencari. Penggunaan beberapa tanda diatas, akan jauh membuat anda lebih efektif dan efesien dalam mendapatkan hasil yang akurat.

Berikut ilustrasinya :

Menggunakan tanda (+), (-) dan tanda kutip (“…”) untuk menemukan hasil pencarian Anda dengan mudah. Ketika Anda mencoba mencari kata Apple di google.com, akan ditemukan sebanyak 22.000.000 situs hasil pencarian yang berhubungan dengan kata yang dimaksud.



Untuk itulah, Anda harus memasukan kata tambahan yang sedang benar-benar dicari, misalnya Apple Green. Maka Anda harus menambahkan tanda (+) untuk lebih mempermudahnya.


Sayangnya, dengan hanya menggunakan tanda (+) Anda tetap menemukan data pencarian Apple Green sebanyak 6.000.000 di Google.


Maka dari itulah, untuk mempersempit pencarian Anda harus menambahkan beberapa kata lagi, misalnya Anda benar-benar menginginkan data pencarian akurat  search engine untuk Apple Green, Anda harus benar-benar memilih frase kata yang tepat untuk apa yang Anda inginkan.

Dengan menambahkan kata Granny Smith di belakang kata Apple Green Anda.



Dan, Walaaa…Anda akan menemukan sebanyak 220.000 data pencarian akurat untuk apa yang Anda inginkan. Lebih simpel, mudah dan cepat bukan?!

So, menelusuri lebih sedikit halaman pada hasil pencarian akan terasa membantu kita. 


Tambahan data  penggunaan tanda (+), (-) dan kutip ("..") :

* Penggunaan tanda (+), berguna memerintahkan Search Engine meng-include-kan kata atau frasa dalam pencarian yang dihubungkan dengan  +. Seperti misalnya mencari dengan mengetikan cara+menghasilkan+uang akan menghasilkan hasil yang memuat seluruh frase / kata yang kita ketikkan/inginkan.

* Penggunaan tanda (-), berguna untuk menghilangkan kata atau frasa yang tidak diinginkan. Misalnya, mencari dengan mengetikan uang -pinjaman akan menghasilkan temuan mengandung kata uangtanpa diikuti kata pinjaman

* Penggunaan tanda kutip ( " ... " ), memerintahkan Search Engine untuk tidak mengabaikan semua kata atau frasa di dalam tanda kutip. Misalnya Anda mencari dengan mengetikan "peluang usaha sampingan", maka Search Engine akan berusaha menemukan kalimat yang sama persis dalam sebuah halaman web. Jika tidak ditemukan, maka Anda akan menemui pesan bahwa halaman yang Anda cari tidak ada. SO tanda kutip (" ") akan menghasilkan data pencarian sesuai dengan yang kita inginkan untuk hasil yang spesifik.

Penggunaan tanda baca pada search engine Google lebih lanjut, dapat anda simak basic google help (dasar) dan more search help (lanjutan).

Semoga bermanfaat ...
Sumber : chip.co.id



Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters