Pesanggrahan Langenharjo

Posted on | Jumat, 07 Januari 2011 | No Comments

Berlokasi di sebelah utara Sungai Bengawan Solo. Pesanggrahan Langenharjo didirikan oleh Sunan Paku Buwono IX tahun 1870 dan dilanjutkan oleh Sunan Paku Buwono X. Saat itu tempat ini digunakan oleh keluarga Kasunanan Surakarta untuk rekreasi. 


Sebuah ruangan khusus bernama Sanggar Pamujan dipergunakan oleh Raja untuk bermeditasi guna mendapatkan ilham dalam mengambil keputusan penting yang berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi raja atau masyarakat. Pada bagian belakang bangunan utama terdapat tempat pemandian yang diyakini oleh masyarakat air tersebut mengandung belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Pesanggrahan Langenharjo Pesanggrahan Langenharjo 
Pesanggrahan Langenharjo Pesanggrahan Langenharjo 

Pesanggrahan Langenharjo
Pesanggrahan LangenharjoSetelah puas menikmati keindahan Solo Baru, beranjak ke arah timur dengan melewati jalan beraspal, wisatawan akan tiba di bekas pesanggrahan Paku Buwana X, dengan jarak kurang lebih 3 kilometer dari Solo Baru. Pesanggrahan Paku Buwana X, dengan jarak kuranglebih 3 kilometer dari Solo Baru. Pesanggrahan Paku Buwono X sekarang tentunya tidak seama seperti ratusan tahun yang silam. Kini ia bagaikan monimen yang menyimpan rahasia dan misteri tentang dirinya dan sekaligus bercerita kepada wisatawa tetang masa lalnya, tentang rakyatnya dan semuanya.Bekas pesanggrahan Paku Buwana X ini hingga kini masih tetap dikelilingi tembok yang tinggi, masih banyak beberapa pohon beringin berdiri memayunginya. 
Banyak wisatawan yangdatang berkunjung dengan beragam keperluan, ada yang datang sekedar ingin menyaksikan tempat peninggalan sejarah dan termashur pada masanya,dan bahkan ada yang ingin berobat. Karena di samping Pesanggrahan ini terdapat sebuah sumur yang menghasilkan air panas karena hanya mengandung belerang dan mangan. Sumur ini merupakan peninggalan Paku Buwana I masih menjadi saksi sejarah tempo dulu. Pemandian Langerharjaanamanya, yang dilengkapi dengan bak dan kamar mandi serta bak untuk berendam air panas. Menurut keyakinan masyarakat di sekitarnya, dengan mandi air panas akan menghilangkan beberapa penyakit kulit.


Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters