Pantai Sumur Tujuh

Posted on | Jumat, 07 Januari 2011 | No Comments

Pulau bangka merupakan salah satu dari propinsi kepulauan di indonesia. Yaitu Propinsi kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari 2 pulau utama yaitu Bangka dan Belitung. Serta disekitarnya juga banyak pulau-pulau kecil lainnya. Mayoritas pulaunya berpasir putih dan masih banyak yang alami alias belum tersentuh.


Salah satunya pantai Sumur Tujuh yang berada di Kabupaten Bangka Tengah, tepatnya sekitar 5 km dari Koba yang menjadi ibukota Kab. Bangka Tengah. Letaknya yang tidak jauh dari pemukiman membuatnya menjadi salah satu pantai favorit tujuan rekreasi warga sekitar Koba dan beberapa daerah lain.


Di pantai Sumur Tujuh juga terdapat benda bersejarah yang termasuk peninggalan jaman jepang. Yaitu tujuh buah sumur yang berdiameter 2 meter, konon sumur itu dijadikan tempat untuk menampung air laut melalui lubang didalamnya yang mengarah kelaut dan dijadikan juga sebagai tempat pembuatan garam. Prosesnya buatnya gimana, juga tidak jelas.

Sampai sekarang sumur itu masih ada, namun tidak terawat dengan baik. Bila kita melongok kedalam yang terlihat sampah-sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Terkadang ada ular dan biawak juga !!! Menurut sebagian orang tua dulu itulah nama pantai itu disebut dengan adanya ketujuh sumur itu.

Tekstur pantai yang landai dan berpasir putih dilokasi tersebut membuat betah siapapun yang melancong ke pantai Sumur Tujuh. Sering juga digunakan warga untuk "mukat" atau menjaring ikan dengan jaring yang biasa digunakan para nelayan.

Ikannya ? tentu dibakar ditepi pantai dan dinikmati bersama. Sayang pemerintah daerah belum optimal dalam mengelola pantai tersebut, dan tampak seperti biasa saja walaupun terpendam potensi untuk peningkatan PAD dan aset wisata daerah.


Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters