Resistor

Posted on | Senin, 20 Desember 2010 | No Comments

Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. sesuai dengan namanya resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon.


Dari hukum ohm diketahui, resistansi berbanding terbalik dengan jumlah arus yang mengalir melaluinya. satuan resistansi dari suatu resistor disebut ohm atau dilambangkan dengan simbol omega(Ω).


Untuk menyatakan resistansi sebaiknya disertakan batas kemampuan dayanya, berbagai macam resistor dibuat dari bahan yang berbeda dengan sifat-sifat yang berbeda. sfesifikasi lain yang perlu diperhatikan dalam memilih resistor pada suatu rancangan selain besar resistansi adalah besar watt-nya. 

Karena resistor bekerja dengan dialiri arus listrik maka akan terjadi disifasi daya berupa panas sebesar W=(I.I).R watt. semakin besar ukuran fisik suatu resistor bisa menunjukan semakin besar kemampuan disifasi daya reistor tersebut. umumnya di pasar tersedia ukuran 1/8,1/4,1,2,5,10 dan 20 watt. 

Resistor yang memiliki disipasi daya 5,10 dan 20 watt umumnya berbentuk kubik memanjang persegi empat berwarna putih. namun ada juga yang berbentuk selinder.tapi biasanya untuk resistor ukuran jumbo ini nilai resistansi dicetak langsung di badan resistor tersebut.misalnya 100Ω5w.




Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters