Cara Mengatasi Virus komputer

Posted on | Minggu, 26 Desember 2010 | 1 Comment

a.      Menggunakan Antivirus

Penggunaan antivirus sangat membantu dalam mengatasi virus komputer. Pemakaiannya pun sangat mudah, sehingga seorang amatir pun dapat dengan mudah menggunakannya.. Antivirus yang tersedia saat inipun beragam jenis dan modelnya mulai dari software gratis sampai yang komersil. Gunakanlah antivirus yang dapat melakukan proses scanning di semua media penyimpanan juga jaringan apabila komputer yang digunakan terhubung dengan jaringan. Secara umum langkah-langkah yang harus dilakukan apabila kita mengandalkan sebuah antivirus yaitu:

1)     Selalu memperbaharui antivirus anda minimal setiap akhir bulan
2)    Menyalakan auto-protect pada komputer agar antivirus selalu melindungi komputer anda.
3)     Jika komputer terhubung dengan jaringan maka pakailah antivirus anda dengan firewall, anti spam
4)      Lakukan scanning komputer setiap anda melakukan pembaharuan virus definition.

b.      Mengubah Atribut File

Sebenarnya cara ini kurang menjamin sebab sudah ada virus yang bias mengubah attribut file. Tetapi cara ini lebih baik dilakukan dari pada tidak sama sekali. Parameter untuk merubah attribut file :

ATTRIB [+R | -R] [+A | -A] [+S | -S] [+H | -H]
[[drive:][path]filename] [/S]
Keterangan :
+ : menambahkan attribut
- : menghilangkan attribut
R : attribut hanya baca (Read only)
A : attribut file archive
S : attribut file aystem
H : attribut file tersembunyi
Path : nama cabang (sub-directory)
Filename: nama file yang akan diproses
/S : melakukan proses diseluruh directory dan sub-directory


c.       Mengatasi Secara Manual

Untuk mengatasi virus secara manual, bukan berarti kita tidak menggunakan antivirus dalam mengatasinya. Secara manual kita melakukan sebuah upaya proteksi dengan melakukan berbagai pencegahan. Berikut ini langkah-langkah secara manual dalam mengatasi virus, yaitu:

1)     Dalam mengatasi virus makro, contohnya pada microsoft word. Ubah semua document template terutama file NORMAL.DOT menjadi read-only. Dapat juga kita lakukan dengan menghapus file NORMAL.DOT. selanjutnya kita dapat merubah dokumen tersebut dengan membuka Wordpad dan menyimpannya dalam RTF (Rich Text Format).
2)     Hindari penggunaan disket-disket yang tidak bisa dipercaya sumbernya. Usahakan untuk tidak menggunakan disket-disket yang sudah lama sebab mungkin saja mengandung virus, dan juga jangan sembarangan menggunakan disket dari orang lain yang tidak terjamin kebersihan disket dari virus.
3)     Melakukan Write Protect. Dengan selalu mengunci Write Protect disket maka, kita dapat lebih meminimalkan kemungkinan penularan virus sebab virus tidak bisa menulis pada disket yang telah di-Write Protect.
4)     Membuat sub-directory untuk program-program baru. Hal ini bisa melokalisir beberapa virus apabila program kita terjangkit virus.
5)     Periksa secara rutin registry Windows di bagian \HKEY_CURRENT_USER\Software\ Microsoft\ Windows\ Current Version\ Run, apakah menemukan sesuatu yang mencurigakan jika menemukan itu hapus bagian yang mencurigakan itu.
6)     Set atribut file WINSOCK.DLL menjadi read-only, untuk memperkecil kemungkinan virus untuk memanipulasinya. Catat tanggal, ukuran, dari file yang mencurigakan sebab akan berguna suatu saat apabila benar file tersebut mengandung virus.


Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

One Response to “Cara Mengatasi Virus komputer”

  1. Anonim
    10 Januari 2011 pukul 09.46

    Kami kini sedang buat software anti virus terbaru & akan segera di launching sbg tester maka Kami minta semua netter kirimkan kami virus terganas utk kami atasi.Silakan Kirim ke Ristek RI media-iptek-owner@ristek.go.id

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters