PENJELASAN ILMIAH TERHADAP FENOMENA TINDIHAN

Posted on | Selasa, 08 Juni 2010 | No Comments


Pernahkah Anda merasa tertindih oleh makhluk gaib saat sedang tidur ? Benarkah karena makhluk halus ? Berbahayakah itu ? Apa yg harus kita lakukan saat mengalaminya ? Berikut ini akan coba dijabarkan penjelasan ilmiah tentang fenomena tersebut. Penjelasan ini Mei dapat dari majalah Dokter Kita edisi Desember 2008,semoga bermanfaat,amiinn.


Fenomena tindihan secara medis disebut sleep paralysis,suatu gejala dari gangguan tidur. Saat kejadian,penderita sering mengalami halusinasi seperti melihat makhluk halus,oleh karena itu sering dikaitkan dgn hal2 mistis. Tindihan biasanya terjadi menjelang tidur sehingga halusinasinya disebut hypnagogic (menjelang tidur),sedangkan halusinasi saat menjelang bangun tidur disebut hypnopompic (akhir tidur).


Ketika berada dalam ‘kondisi kurang tidur’(bisa karena waktu tidur kurang atau waktu tidur cukup tetapi kualitasnya buruk),gelombang otak tidur kita seolah melompat dari tahap tidur ringan dan setengah sadar menuju ke tahap tidur dalam dan mengalami mimpi. Akibatnya kita merasa seperti setengah sadar dan setengah bermimpi. Tiba2 kita melihat sosok menyeramkan dan tak dapat menggerakkan badan. Kondisi ini diperburuk dgn nafas yg berat,seolah sesak. Tubuh dan nafas yg sesak berkaitan dgn tahap tidur dalam tadi karena pd tahapan tersebut terjadi pula kelumpuhan otot2 besar. Walaupun secara otomatis kita tetap bernafas saat tidur,namun dalam keadaan panik,biasanya kita akan menarik nafas dalam yg tentu saja membutuhkan otot2 pernafasan ekstra,yg sayangnya saat tidur dalam juga ikut dilumpuhkan.

Tindihan tidak berbahaya namun tidak boleh dianggap remeh karena bisa jadi merupakan salah satu tanda gejala tidur seperti narkolepsi,sleep apnea,gelisah,atau depresi. Hal yg perlu dilakukan saat mengalami tindihan adalah berpikir tenang. Lupakan ‘penampakan2’ yg dirasakan sehingga bisa tertidur kembali atau bangun. Jika sering mengalami tindihan,hendaklah membuat jurnal tidur sebelum ke dokter. Jurnal ini merupakan catatan kebiasaan tidur yg berisi catatan waktu tidur,kebiasaan sebelum tidur,obat yg diminum,mimpi,hal2 yg dirasakan saat bangun tidur. Jurnal ini akan sangat bermanfaat bagi dokter utk menganalisa kebiasaan tidur Anda.


sumber http://www.meillyssach.co.cc/



Share

print halaman iniPrint halaman ini

Baca Juga Ini





Comments

Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!

Search

Pilih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Komunitas

Blog Info



Free Page Rank Tool
IP
free counters