Pusat Ukiran Kayu Jepara
Posted on | Friday, January 7, 2011 | No Comments
Dilihat dari catatan sejarah, Jepara sebagai kota tua di Jawa, munculnya Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, Raden Ajeng Kartini, TIen Soeharto, ratusan eksportir, lebihdari 100 negara tujuan pemasaran, perajin terampil dan prfesional, maka cukup masuk akal jika Pemerintah Kabupaten Jepara memproklamirkan diri Jepara Pusat Ukir Dunia (Jepara the World Carving Center). Hal tersebut diungkapkan Prof SP Gustami dari Universitas Gadjah Mada pada Lokakarya “Strategi Membangun City Branding, Jepara The World Carving Center” di Kompleks Pemerintah Kabupaten Jepara, Rabu 17 Desember 2008. Selain Prof Gustami, narasumber pada acara ini adalah dosen Fakultas Ekonomi Universitas DIponegoro Harry Susanto, Asisten Direktur Suara Merdeka Adi Ekopriyono, dan Bupati Jepara Hendro Martojo, yang menempatkan diri membuka acara.
Jepara sudah identik dengan kerajinan ukir. Kerajinan ukir tersebut kini telah berkembang menjadi industri, terutama industri mebel. Industri mebel di Jepara tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, tetapi juga melayani pasar internasional. Cikal bakal industri tersebut sudah muncul sejak ratusan tahun yang lalu sehingga pemusatan industri dilakukan secara geografis dengan industri pendukung yang kita kenal sebagai klaster (cluster) Industri. kalau dilihat dari segi omset maupun jumlah tenaga kerja yang terserap di dalamnya, Jepara merupakan klaster terbesar di Indonesia.
Perkembangan kerajinan ukir di Jepara menurut kami, didukung oleh positioning, diferensiasi dan brand Jepara yang kuat.Segitiga positioning, diferensiasi dan brand merupakan inti dari strategi yang dijalankan oleh sebuah daerah.
Positioning adalah tentang bagaimana kita memposisikan produk kita di benak pelanggan. Positioning tersebut harus didukung dengan diferensiasi yang kokoh. Apabila positioning yang tepat tersebut ditopang oleh diferensiasi yang kokoh, dengan sendirinya ekuitas merek yang kokoh akan terbentuk.
Kalau Jepara dianalisis dengan menggunakan segitiga positioning, diferensiasi, brand tersebut, maka akan terlihat bagan di atas.
Menurut pengamatan kami, positioning statement yang tepat untuk Jepara adalah “the Carving Center of Indonesia” atau pusatnya kerajinan ukir di Indonesia.
Print halaman ini
Baca Juga Ini
Comments
Top Artikel
-
Dilihat dari catatan sejarah, Jepara sebagai kota tua di Jawa, munculnya Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, Raden Ajeng Kartini, TIen Soeharto, ra...
-
Dalam postingan ini saya akan memberi contoh contoh cara menentukan bentuk molekul yang memiliki kerangka dasar trigonal bipiramid dari mol...
-
Aktivasi otak tengah adalah suatu penemuan fenomenal dalam pendidikan anak. Teori penggunaan otak tengah sebenarnya telah banyak dilakukan...
-
Banshee dalam dunia modern sering hadir dengan sosok menyeramkan seperti hantu ganas lainnya. Penggambaran yang begitu menyeramkan dan spo...
-
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Perjalanan sejarah bangsa-bangsa di dunia menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia terbukti s...
-
Kalau ada nyala api, pasti disitu ada tiga unsur. Apa itu ? Unsur pertama adalah oksigen atau sering juga disebut zat asam, kedua, bahan bak...
-
PPh pasal 21 PPh pasal 21 adalah pasal yang mengatur pajak yang dikenakan terhadap penghasilan yang diterima dari pekerjaan / ja...
-
Telah dilakukan perhitungan fungsi-fungsi termodinamika sistem partikel gas ideal yang memenuhi statistika fuzzy (0, 2) melalui deskripsi fu...
-
TEMPO Interaktif , Anda termasuk orang yang percaya dengan Alien? sebuah penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan Harvard di bidang astr...
-
Fungsi sakelar adalah untuk menghubungkan atau memutuskan arusl istrik dari sumber ke pemakai/beban. Sakelar terdiri dari banyak jenis terga...
Recent Post
Recent Comment
Categories
- Alam (1)
- Alien (5)
- Asal Usul (5)
- berita (1)
- Biografi (5)
- Budaya (30)
- Cerita Cinta (11)
- DOA (8)
- Fisika (21)
- Game Online (6)
- GAZA (3)
- Handphone (36)
- Indonesia (15)
- Islam (6)
- IT (14)
- Jejaring Sosial (1)
- kehidupan (2)
- Kesehatan (10)
- kimia (25)
- Komputer (40)
- kreasi (6)
- Materi Elektronika (21)
- Mencari Dollar (1)
- misteri (35)
- mitos (31)
- Otak (3)
- Otomotif (1)
- Pajak (4)
- Pendidikan (2)
- Penemuan (1)
- Pengen Tau? (16)
- psikologi (6)
- Puisi (2)
- Renungan Hati (8)
- Saint (1)
- Spiritual (22)
- Tentang Dunia Lain (25)
- Termodinamika (3)
- Tips (13)
- Tips Blogger (4)
- Tips Hidup (8)
- unique (7)
- Usaha (1)
Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan anda...!!!